Pages

Wednesday 19 October 2011

Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa


Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa

by Keajaiban Do'a dan Istighfar on Sunday, 26 December 2010 at 17:00
Diantara waktu2 yang mustajab untuk berdoa adalah setiap selesai dari melakukan Sholat. Apabila anda selesai melakukan sholat fardhu maka waktu itu adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Berdoalah kepada Allah dengan sesuatu yang dimudahkan, khususnya ketika tahiyat terakhir sebelum salam. Adapun setelah salam lalu langsung mengangkat kedua tangan, hal seperti itu belum ditemukan dalam hadits dan belum dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dan tidak juga salah seorang dari para sahabat ra.

Setelah shalat, anda langsung mengangkat kedua tanggan. hal ini belum ditemukan, tetapi berdoalah sebelum salam.

Diantaranya juga adalah diantara 2 azan (shadik dan kazib) dan diantara azan dan iqamah, sebagaimana dalan Sunan Nasa'i. Apabila seorang muazin mengumandangkan azan maka perbanyaklah berdoa dan meohonlah kepada Allah supaya Dia berkenan untuk memenuhi dan memberikan apa yang anda
cita-citakan.

Diantaranya juga adalah ketika sujud. Dalam sebubah hadits shahih, Rasulullah saw bersabada, "Seorang hamba itu paling dekat kepada Tuhannya ketika sedang sujud, maka perbanyaklah berdoa ketika itu."(diriwayatkan oleh Imam Muslim, no. : 482, Imam Ahmad, no. 9165, Imam Abu Daud, no.: 875d an Imam Nasai'i, no.: 1137) Dan riwayat yang lain : "Itu adalah waktu yang layak untuk dikabulkan bagimu" Maksudnya adalah sangat layak dan hampir diangkat untuk dikabulkan. Perbanyaklah menyebut nama Allah ketika sujud, setelah mengatakan "Subhana rabbiyal a'la wa bihamdihi... ..."

Pada sepertiga malam terakhir. Dalam hadits shahih, Rasulullah saw bersabda, "Allah SWT turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, lalu Alah berfirman , "Adakah orang yang meminta, supaya Aku akan memberikannya ? Adakah orang yang meminta ampun, supaya Aku akan mengampuninya ? Adakah orang yang berdoa, supaya Aku mengabulkannya ?"

Diantaranya juga adalah waktu Ashar pada hari Jumat. Pada hari jumat itu adalah saat yang aman kalau seorang hamba itu berdoa untuk kebaikan, niscaya Allah akan mengabulkan orang yang berdoa dari kaum Muslimin ini, yaitu saat terakhir pada hari Jumaat setelah Ashar.

Diantaranya juga adalah hari Arafah, ketika Allah SWT memperhatikan semua manusia di padang Arafah.

Sumber :"Jangan Takut" karangan DR. Aidh bin Abdullah Al-Qarni
(Jagalah Allah, Allah akan Menjaga Anda)

 ·  · Share

No comments:

Post a Comment