Pages

Monday 3 October 2011

'ASAL


'ASAL

by Keluarga Sakinah on Friday, 11 February 2011 at 06:07
Kesembuhan ada pada 3 hal....1. Minum madu....2. Sayatan alat bekam....3. Membakar dengan api....Aku melarang umatku berobat dengan pembakaran. [ HR. SHAHIH BUKHARI 5680 dari Salim Al Afthas dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas ra ]....Seorang laki - laki datang kepada Nabi SAW dan berkata....Saudaraku menderita sakit perut....Beliau bersabda : Berilah minum madu....Kemudian dia datang untuk kedua kalinya dan beliau bersada : Berilah minum madu....Lalu datang pada ketiga dan beliau bersabda : Berilah minum madu....Setelah itu dia datang lagi dan berkata, Aku telah melakukannya....Beliau bersabda : Allah benar dan perut saudaramu telah dusta....Berilah dia minum madu....Dia pun memberinya minum madu lalu saudaranya itu sembuh. [ HR. SHAHIH BUKHARI 5684 dari Qatadah dari Abu Al Mutawakkil dari Sa'id ].

Keluarlah dari perutnya ( lebah ) minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. [ An-Nahl : 69 ].

Al Muwaffiq Al Baghdadi dan selainnya mengatakan bahwa madu mengandung banyak sekali manfaat pada kesehatan tubuh manusia dan manfaat lainnya atas izin Allah SWT....Ia dapat membersihkan kotoran - kotoran dalam pembuluh darah dan usus, mencegah zat - zat reduksi yang merusak dan membersihkan kotoran dalam perut.

Jika diminum secara teratur maka atas izin Allah madu dapat menjadikan suhu panas yang normal pada tubuh, membuka pembuluh darah, menguatkan lambung, liver, ginjal dan jalur - jalur pembuangan....membersihkan paru - paru dan liver, memperlancar air seni dan haid dan memudahkan mengencerkan batuk dan dahak.

Apabila ditambahkan kepadanya cuka maka bermanfaat bagi penderita penyakit kuning....Jika diminum dalam keadaan hangat dan dicampur minyak bunga ( niknak ) maka bermanfaat mengobati gigitan binatang.

Kalau daging segar diolesi madu maka kesegarannya akan tetap terjaga sampai dengan 3 bulan....demikian juga dengan buah - buahan dan sayur - sayuran maka akan menjadikannya kesegarannya bisa bertahan lebih lama dari biasanya....Apabila digosokkan ke gigi maka gigi akan menjadi putih, kuat dan sehat.

Hal yang paling mudah dan sederhana untuk menjaga kesehatan dengan minum beberapa sendok madu setiap hari....dan bisa dicampurkan kedalam minuman yang membutuhkan pemanis sebagai pengganti....bahkan dicampurkan dengan sesuatu yang pahit untuk menghilangkan rasa pahitnya.

Total kalori yang dihasilkan madu tiap 100 gramnya adalah 294 kalori. Ini memang lebih kecil dibanding gula yang menghasilkan 364 kalori tiap gramnya. Namun hal ini bisa diabaikan jika melihat kandungan zat dan manfaat madu yang bersifat alami. Gula memerlukan proses pemecahan menjadi gula sederhana sebelum dimanfaatkan oleh tubuh. Jadi gula membutuhkan waktu dan tambahan energi dari tubuh sebelum diserap dan dimanfaatkan tubuh. Maka kita dapat menambahkan madu dalam pola makan sehari-hari sebagai ganti gula dan penyedia energi yang langsung dapat diserap oleh tubuh.

Madu memiliki kandungan gizi tinggi antara lain zat gula ( glukosa dan fruktosa ), asam amino, dan vitamin. Kandungan mineral dalam madu antara lain kalium, natrium, kalsium, magnesium, zat besi, phosphor, mangan, dan sulfur. Kandungan vitaminnya antara lain thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, dan asam askorbat.
Dilihat dari kandungan asam folatnya, madu sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Asam folat merupakan nutrien penting bagi pertumbuhan janin. Kekurangan asam folat pada masa awal kehamilan dapat menyebabkan bayi yang lahir beresiko besar mengalami cacat bawaan pembuluh syaraf.

Madu yang diberikan kepada bayi yang telah makan dan minum selain ASI, dapat memacu pertumbuhan sel darah merah dan otaknya. Madu juga baik bagi pertumbuhan gigi bayi. Karena, madu mengandung antibiotika yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk.
 ·  · Share

No comments:

Post a Comment