Pages

Wednesday 12 January 2011

Mengenal Diri Sendiri Merupakan Kunci Kesuksesan

Mengenal Diri Sendiri Merupakan Kunci Kesuksesan

by Ahmad Yani on Tuesday, 17 August 2010 at 19:16
 
 
Ada anagium Arab yangmenyatakan "Celakalah seseorang yang tidak mengenal dirinya sendiri".
Dalam kontekskehidupan di dunia fana ini, banyak manusia masih belum mengenal dirinya, belummengetahui apa yang dibutuhkan bagi dirinya, ke arah mana dia harus membawadirinya, dan pedoman apa yang dapat ia pegang teguh sehingga hal itu memangbenar-benar baik bagi petualangan hidupnya.
Memang dalamfenomena yang terjadi, kebanyakan orang yang berhasil adalah orang yangmengenal baik dirinya, ia mengetahui potensi yang dimiliki, kekurangan y angmenghambat dirinya untuk maju, ia juga menyadari sepenuhnya visi dan misi dalamkehidupanya, sehingga dengan mengetahui dirinya tersebut makin mudahlah iauntuk meraih keberhasilan.
Alkisahmenyatakan bahwa seorang raja Louis XVI dari Prancis telah dikudeta, diturunkandari tahtanya dan dipenjara. Raja yang naas tersebut memiliki seorang anaklaki-laki yang masih muda. Anak tersebutlah yang seharusnya mewarisi tahtakerasaan sepeninggalan ayahnya.
Sekelompok orangyang telah berhasil menggulingkan tahta raja Louis XVI itu menyadari bahwaputra mahkota ini bisa menjadi hambatan bahkan permasalahan bagi mereka di masamendatang. Mereka berpikir jika putera mahkota tersebut tidak bermoral mulia,maka ia tidak akan pernah mencapai takdir agung yang dianugerahkan kepadanya. Makadari itu mereka bawa putera mahkota tersebut ke suatu komunitas, yang mana di sana ia dapat melihat kesenangan duniawi, menemukan banyakwanita-wanita pelacur, makanan yang berlimpah ruah dan mewah, minuman kerasyang memabukkan, bahkan di sanajuga bekumpul orang-orang bejat, hina, dan abmoral. Setiah hari putera mahkotadikelilingi oleh hal-hal yang dapat merusak manusia dan dapat menyerat jiwaseseorang ke derajat paling rendah dan hina.
Selama enambulan ia diperlakukan demikian, akan tetapi ia tidak pernah takluk kepadatekanan itu. Bahkan ia dapat menguasai dirinya sehingga tidak terjebak dalamlingkungan yang amat negatif bagi kelangsungan kehidupannya.
Akhirnya setelahberusaha sekian lama untuk merusak moral pangeran tersebut, maka merekamenanyai dia. Mengapa dia tidak takluk kepada semuanya itu mengapa ia tidakterpengaruh? Pemuda ini menjawab "Saya tidak bisa melakukan apa yang kamuminta, karena saya dilahirkan untuk menjadi seorang raja."
Pangeran Louismengetahui dan mengenal dirinya, ia sadar bahwa ia adalah putera mahkota, iatahu bahwa ia tidak boleh melakukan hal-hal negatif yang berbahaya bagi masadepannya, ia juga menyadari posisinya, maka ia bisa bertahan sehingga tidakdapat dipengaruhi oleh hal-hal yang dapat merusak dirinya. dan pada akhirnyahal itu dapat membawa dia kepada kedudukan yang mulia.
Dari kisahtersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa dalam menjalani kehidupan ini, yangpaling penting dan utama kita kenali terlebih dahulu adalah diri kita. Sehinggasetelah kita mengenali diri kita maka selanjutnya makin terbuka lebar jalanmenuju kesuksesan yang kita harapkan.
Saat ini Kabupaten Pandeglang akan mengadakan pesta Demokrasi dalam memilih Bupati yang akan memegang kendali kepemimpinan Kabupaten Pandeglang lima tahun ke depan. Hal ini tentunya menjadimomen penting sepanjang sejarah Indonesia.Dan harus diberi perhatian serius oleh seluruh elemen masyarakat Pandeglang,tanpa terkecuali.
Jika warga Pandeglang mengetahui apa yang mereka butuhkan, konflik dan permasalahan yangmengobrak-abrik Pandeglang, serta mengetahui figur pemimpin yang dapat memenuhiharapan warga Pandeglang dan dapat memecahkan berbagai macam polemik yangberkembang, maka tentunya mereka tidak akan sembarang "mencoblos"calon Bupati dan wakil Bupati tersebut. hal itu pasti akan membawa perubahanbesar bagi kelangsungan kemajuan dan perkembangan disegala bidang warga Pandeglang.
Jadi jika kita menginginkan kesuksesan dankeberhasilan bagi diri kita, maka kita harus mengetahui dengan jelas diri kita, jika suatu organisasi menginginkan kemajuan, maka organisasi itu harus mengenal dirinya terlebih dahulu, begitu juga halnya dengan bangsa Indonesia, jika mengharapkan kejayaan, kehidupan yang layak, sejahtera dan sentosa maka harus mengenal dirinya lebih dalam. mengenal masyarakatnya, lingkungannya, sumber dayanya, permasalahan dan kemelutnya serta segala macam yang berhubungan dengan wilayah / negara tersebut.

No comments:

Post a Comment